Anatomi Kamera #2

Kali ini, di tulisan yang ke dua mengenai anatomi kamera fotografi dengan jenis dslr, akan dijelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami anatomi atau diagram pada kamera.

http://imgarcade.com/1/slr-camera-parts-diagram/

Ke dua, adalah tombol delete, sesuai namanya, tombol ini berfungsi untuk menghapus data atau foto yang tersimpan dalam memory card. Fitur ini punya variasi, kamu bisa menghapus foto secara satuan atau semuanya. Jadi kalau kamu tidak suka atau kurang puas sama hasil foto kamu, nah melalui fitur ini, kamu bisa hapus foto tersebut.Fitur pertama adalah image playback button, fitur ini berguna untuk menghidupkan lcd kamera dengan tujuan melihat kembali atau preview gambar yang sudah tersimpan dalam memory card.

Fitur ke tiga adalah Memory card slot, ini adalah tempat kamu untuk memasukan memory card ke kamera.

Ke empat, Magnification buttons, fitur ini berfungsi sebagai zoom, atau alat untuk memperbesar atau memperkecil gambar saat melakukan preview. Jadi karena ukuran lcd kamera relatif kecil, sehingga kamu akan sedikit kesulitan memastikan detil pada hasil foto yang dipreview, nah fitur ini bisa membantu kamu untuk melihat detil-detil pada foto.

Kemudian yang ke lima adalah dioptre adjustment, fitur ini sederhananya untuk membantu fotografer yang mempunyai penglihatan kurang normal, misalnya punya minus atau plus. Dengan fitur ini, kalau kamu yang punya mata minus, tidak perlu repot-repot menggunakan kaca mata, tinggal diatur saja menyesuaikan penglihatan kamu.

Ke enam adalah viewfinder, ini bahasa Indonesianya sering disebut jendela bidik, adalah tempat fotografer mengintip objek yang akan difoto.

Terakhir, LCD screen, fitur ini adalah monitor untuk fotografer mengontrol setting kamera, melihat kembali hasil foto dan melihat info data exif pada foto kamu. Jadi fitur ini lumayan jantung dari kamera digital slr, jaga baik-baik ya.

Saya kira cukup ya, sebetulnya untuk melihat anatomi kamera secara detil dan keseluruhan, kamu bisa melihat di buku manual kamera, tulisan ini cuma menyederhanakan saja, menyangkut hal-hal yang perlu kamu tahu saja, biar lebih cepat.

Published by

Feri Ferdinan

kjhkjhiuhi iuijbji iuhikjnk iohouhi

One thought on “Anatomi Kamera #2”

  1. Thank you for all of the labor on this site. My mum takes pleasure in working on internet research and it’s really easy to see why. Many of us learn all relating to the compelling ways you present great thoughts through this web blog and in addition encourage participation from other individuals on that concept then my child is truly learning so much. Take advantage of the remaining portion of the new year. You’re the one performing a fabulous job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *